Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN USAHA MIKRO DI KOTA SEMARANG (Kajian Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah)/106/ADM.PUBLIK/2020

Satria, Rahmat Febri Bagus and Marom, Aufarul (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN USAHA MIKRO DI KOTA SEMARANG (Kajian Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah)/106/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text
BAB III RAHMAT BAGUS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Kebijakan usaha mikro dalam memperbaiki perekonomian suatu negara dengan penyerapan tenaga kerja yang banyak dan tersebar di Indonesia. Berpedoman pada implementasi kebijakan usaha mikro di Kota Semarang. Di tingkat kota, Pemerintah Kota Semarang memiliki andil yang besar dalam memberdayakan pelaku usaha mikro di Kota Semarang. Hal ini sejalan dengan visi Kota Semarang untuk menjadikan Semarang Hebat, salah satunya menjadikan Kota Semarang sebagai kota perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan usaha mikro Di Kota Semarang, serta mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambatimplementasi kebijakan usaha mikro Di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori lima ketepatan implementasi kebijakan dan teori implementasi Edward III. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan kebijakan tersebut ditemukan bahwa fenomena tepat kebijakan, tepat pelaksana, tepat target dan tepat proses masih dinilai belum tepat. Dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa faktor pendorong dari pelaksanaan perda adalah komunikasi pada indikator metode dan konsistensi, sumber daya, struktur birokrasi. Sedangkan faktor penghambatnya terdapat pada komunikasi pada indikator kejelasan, sumber daya anggaran, dan disposisi. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah penguatan koordinasi, jadwal yang rutin dan terstruktur, pendampingan yang intensif, penambahan sumber daya, dan mempermudah prosedur dalam menerima saran dan kritikan.
Kata Kunci : Implementasi, Usaha Mikro, Sumberdaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:16
Last Modified: 29 Dec 2022 03:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item