Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN KEBIASAAN MEROKOK DI DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG

INTANADHA, DHEA (2022) GAMBARAN KEBIASAAN MEROKOK DI DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DHEA.pdf - Published Version

Download (12kB)

Abstract

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah salah satu gangguan kesehatan yang berkontribusi terhadap tingginya angka kematian balita di negara maju maupun berkembang termasuk di Indonesia. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kejadian ISPA pada balita yaitu paparan asap rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan merokok di dalam rumah terhadap kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan pendekatan studi case-control yang dilaksanakan selama bulan Agustus-September 2022. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 sampel yang terdiri dari 26 sampel kelompok kasus dan 26 sampel kelompok kontrol yang diperoleh menggunakn teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi-square dan uji fisher. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kebiasaan merokok (p-value = 0,035) dan lokasi merokok (p-value = 0,025) terhadap kejadian ISPA pada balita dan tidak ada hubungan antara jumlah anggota keluarga yang merokok (p-value = 1,000), frekuensi balita terpapar asap rokok (p-value = 1,000), jenis rokok (p-value = 1,000), dan tipe perokok (p-value = 0,634) terhadap kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo.

Kata kunci : ISPA, Merokok, Balita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:02
Last Modified: 29 Dec 2022 02:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item View Item