Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KESIAPSIAGAAN PEGAWAI DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI UNIT TRANSFUSI DARAH PMI DKI JAKARTA

NAZIFA, WAHYA (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KESIAPSIAGAAN PEGAWAI DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI UNIT TRANSFUSI DARAH PMI DKI JAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO WAHYA.pdf - Published Version

Download (20kB)

Abstract

Bencana keadaan tidak tentu yang sifatnya dapat merusak bahkan dapat merenggut nyawa manusia dengan angka kejadian meninggal akibat bencana meningkat 76,9% dalam dua tahun terakhir memiliki angka yang cukup signifikan mengalami peningkatan. Bencana dapat terjadi dimana saja tidak terkecuali pada fasilitas pelayanan kesehatan, salah satunya Unit Transfusi Darah PMI DKI Jakarta. Lokasi ini memiliki risiko bencana yaitu kebakaran dan gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap praktik kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana. Jenis penelitian yag dilakukan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan September 2022 di Unit Transfusi Darah PMI DKI Jakarta. Sampel yang diteliti yaitu sebanyak 74 sampel yang diperoleh dari teknik simple random sampling. Instrumen dari penelitian yaitu kuisioner dengan analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan teradapat hubungan antara pengetahuan dengan praktik kesiapsiagaan (p-value=0,04) sedangkan tidak terdapat hubungan antara sikap dengan praktik kesiapsiagaan (p-value=0,97). Simpulan penelitian ini yaitu hanya pengetahuan yang berpengaruh terhadap praktik kesaipsiagaan pegawai dalam penanggulangan bencana.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan, Mitigasi, Bencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:12
Last Modified: 27 Dec 2022 07:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item