Search for collections on Undip Repository

PENGGUNAAN CITRA LANDSAT-8 DAN SENTINEL-2 DALAM MENGESTIMASI KEDALAMAN PERAIRAN DI WILAYAH PESISIR (STUDI KASUS: PULAU KABETAN, PROVINSI SULAWESI TENGAH)

ZAIDAN DZULFATHI SASONGKO, ZAIDAN and BANDI SASMITO, ST, MT, BANDI (2022) PENGGUNAAN CITRA LANDSAT-8 DAN SENTINEL-2 DALAM MENGESTIMASI KEDALAMAN PERAIRAN DI WILAYAH PESISIR (STUDI KASUS: PULAU KABETAN, PROVINSI SULAWESI TENGAH). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Zaidan Dzulfathi Sasongko JUDUL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wilayah pesisir merupakan tempat yang kaya akan sumber daya. Karena itu perlunya pengelolaan pesisir yang baik dan berkelanjutan. Peta batimetri merupakan salah satu informasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan wilayah pesisir. Umumnya, metode untuk mendapatkan data batimetri adalah echosounder, LiDAR bathymetry, dan penginderaan jauh. Karakteristik pesisir yang dinamis menjadi alasan pemilihan metode satellite derived bathymetry (SDB) berdasarkan penginderaan jauh untuk mendapatkan informasi kedalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi kedalaman dan rentang kedalaman optimal menggunakan metode SDB. Data singlebeam echosounder digunakan sebagai data kalibrasi dan validasi untuk metode SDB. Enam variasi yang terdiri dari penggunaan dua algoritma, dua citra satelit, dan dua kombinasi kanal di uji coba untuk menghasilkan kedalaman terbaik. Pada penelitian ini, semua variasi dapat mengestimasi kedalaman hingga kedalaman 20 m pada perairan pesisir Pulau Kabetan. Namun, variasi Lyzenga S2 B2-3 memiliki kemampuan mengestimasi kedalaman yang lebih baik daripada variasi lain dengan menghasilkan nilai RMSE sebesar 2,202 dan MAE sebesar 1,757.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Lyzenga, Algoritma Stumpf, Kawasan Pesisir, Pulau Kabetan, Satellite Derived Bathymetry.
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:05
Last Modified: 27 Dec 2022 07:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item View Item