Search for collections on Undip Repository

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KAMPUNG SAYUR ORGANIK DESA DI DESA NGEMPLAK SUTAN, KELURAHAN MOJOSONGO, KECAMATAN JEBRES, KOTA SURAKARTA / 82/ADM.PUBLIK/2020

Gunawan, Niko Satya and Widowati, Nina and Maesaroh, Maesaroh (2020) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KAMPUNG SAYUR ORGANIK DESA DI DESA NGEMPLAK SUTAN, KELURAHAN MOJOSONGO, KECAMATAN JEBRES, KOTA SURAKARTA / 82/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Sayur Organik Desa Ngemplak merupakan salah satu solusi yang dilakukan Pemerintah Daerah Surakarta dalam upaya mengatasi semakin menurunnya lahan pertanian produktif dan kemiskinan di Kota Surakarta. Akan tetapi pada pelaksanaannya komitmen dari masyarakat dan persentase pencapaian dari setiap program kegiatan masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih jauh bagaimana pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program sayur organik di Desa Ngemplak dan faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara untuk data primer, dengan 6 narasumber yang ditentukan menggunakan teknik snowball sampling. Kemudian teknik dokumentasi untuk data sekunder. Proses analisis data menggunakan model milik miles dan huberman dan di periksa kualitas data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan melalui Kampung Sayur Organik di Desa Ngemplak masih belum maksimal hal ini dikarenakan akses yang belum sesuai, kesadaran kritis dari masyarakat yang masih kurang, dan partisipasi yang masih kurang. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pemberdayaan tersebut yaitu: kondisi lingkungan yang mendukung, sumber daya manusia yang tidak merata dalam mendapatkan edukasi, dan karakteristik dan agen pelaksana yang tidak maksimal dalam memberikan pelatihan dan edukasi. Saran yang dapat diperikan peneliti adalah perlu adanya sosialisasi dan peningkatan partisipasi masyarakat.

Kata Kunci: Pemberdayaan, kesejahteraan, partisipasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:01
Last Modified: 27 Dec 2022 07:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item