Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN TINGKAT ADIKSI GAME ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 03 SEMARANG

Risnawati, Alya Azara and Ardani, Muhammad Hasib (2022) GAMBARAN TINGKAT ADIKSI GAME ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 03 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
BAB I_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080-17-24.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB II_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080-25-49 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080-50-66.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080-67-68 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB V_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB VI_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080-81-82.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
COVER-ABSTRAK_Alya Azara Risnawati_22020118130080.pdf

Download (846kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080-83-90.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Alya Azara Risnawati_Keperawatan_22020118130080-91-110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adiksi game online merupakan suatu jenis adiksi perilaku yang dikenal
sebagai internet gaming disorder. Pada tahun 2021 terdapat peningkatan
adiksi game online pada anak usia sekolah di Indonesia mencapai 70,2%. Hal
tersebut berkaitan erat dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi
yang menyebabkan sebagian besar anak usia sekolah di SD Negeri Srondol
Wetan 03 Semarang sangat menggemari game online bahkan hingga
memainkannya secara berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui gambaran tingkat adiksi game online pada anak usia sekolah di
SD Negeri Srondol Wetan 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif survei menggunakan kuesioner
Game Addiction Scale (GAS). Penelitian dilakukan di SD Negeri Srondol
Wetan 03 Semarang pada bulan November 2022 dengan teknik purposive
sampling. Data dianalisis secara univariat dengan distribusi frekuensi.
Sebanyak 141 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Responden
diambil dari 3 kelas yaitu kelas IV, V dan VI. Sebagian besar responden
berjenis kelamin laki-laki (54,6%), berusia 11 tahun (36,9%), berada pada
tingkat kelas VI SD (37,6%), dan bermain game online selama lebih dari 12
bulan (85,8%). Hasil penelitian menunjukan tingkat adiksi game online pada
anak usia sekolah di SD Negeri Srondol Wetan 03 Semarang yaitu tingkat
adiksi game online berat (82,3%), sedang (17%) dan ringan (0,7%). Penelitian
ini menyimpulkan bahwa sebagian besar siswa di SD Negeri Srondol Wetan
03 Semarang yang bermain game online memiliki tingkat adiksi game online
berat.
Kata Kunci : adiksi, game online, anak usia sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:38
Last Modified: 27 Dec 2022 06:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item