Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENILAIAN TANAH DI SEKITAR KAWASAN KUMUH KECAMATAN TUGU, KOTA SEMARANG

DHEA APRINA SANNI, DHEA and FAUZI JANU AMARROHMAN, ST, MT, FAUZI (2022) ANALISIS PENILAIAN TANAH DI SEKITAR KAWASAN KUMUH KECAMATAN TUGU, KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Dhea Aprina Sanni Judul, Bab I, Daftar Pustaka.pdf

Download (488kB)

Abstract

Polemik permukiman kumuh merupakan isu utama di Kota Semarang, salah satunya di Kecamatan Tugu juga mengalami peningkatan luasan permukiman kumuh. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan wilayah terhadap peningkatan luas permukiman kumuh, pola persebaran permukiman kumuh dengan menggunakan analisis nearest neighbor, karakteristik dan tipologi permukiman kumuh, serta pengaruh permukiman kumuh dan aksesbilitas terhadap nilai tanah dengan menggunakan geographically weighted regression. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perkembangan wilayah di Kecamatan Tugu meningkatkan luas permukiman kumuh sebesar 6,44 Ha, dengan pola persebaran permukiman kumuh tahun 2014 terdiri atas mengelompok dan seragam, sedangkan pada tahun 2021 terbagi atas mengelompok dan acak. Tipologi permukiman kumuh tahun 2014 termasuk ke dalam tipologi tepi air, sempadan sungai, dan dataran rendah, dengan karakteristik permukiman kumuh berupa kondisi bangunan rusak, jaringan jalan tidak sesuai persyaratan, dan drainase yang tidak terpelihara. Pada tahun 2021 tipologi permukiman kumuh masuk ke dalam tipologi di tepi air, sempadan sungai, dan dataran rendah dengan karakteristik permukiman kumuh, yaitu jalan lingkungan rusak, persampahan yang belum terkelola, dan proteksi kebakaran yang belum tersedia. Pengaruh permukiman kumuh terhadap nilai tanah pada tahun 2014 bernilai sebesar 48% dan tahun 2021 sebesar 40 % dengan arah positif dan bukan merupakan faktor penurunan nilai tanah, sedangkan aksesbilitas berpengaruh terhadap nilai tanah pada tahun 2014 sebesar 56% dan pada tahun 2021 sebesar 57% ke arah positif yang berarti aksesbilitas memiliki pengaruh peningkatan terhadap nilai tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permukiman Kumuh, Perkembangan Wilayah, Pola Persebaran, Tipologi dan Karakteristik, Penilaian Tanah
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:18
Last Modified: 27 Dec 2022 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item