Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS OZON TERHADAP PERBAIKAN LUKA ULKUS DIABETES Tinjauan Sistematik dan Meta-Analisis : Kajian Perubahan Ukuran Luka

Suwito, Marissa Gondo and Widayati, Retno Indar and Riyanto, Puguh and Suhartono, Suhartono (2022) EFEKTIVITAS OZON TERHADAP PERBAIKAN LUKA ULKUS DIABETES Tinjauan Sistematik dan Meta-Analisis : Kajian Perubahan Ukuran Luka. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB) | Request a copy
[img] Text (DAFPUS - LAMPIRAN)
DAFPUS - LAMPIRAN Tesis Marissa Gondo Suwito Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Ulkus diabetes adalah suatu gangguan dermatologis khas yang merupakan komplikasi utama dan sering ditemukan pada pasien dengan penyakit diabetes melitus (DM). Kondisi hiperglikemia kronis menyebabkan gangguan mikrovaskular yang menyebabkan neuropati perifer pada fungsi sensorik, motorik dan otonom. Hingga saat ini terapi penyembuhan ulkus diabetes belum memberikan reduksi area ulkus yang memuaskan sehingga beberapa terapi adjuvan telah banyak dicoba, seperti terapi ozon, hydrosurgery, bioproduk aseluler, human growth factors, dan terapi oksigen, serta terapi berbasis energi listrik atau sinar. Terapi ozon mengacu pada penggunaan gas ozon untuk mengobati penyakit atau luka, khususnya ulkus DM. Gas ini meningkatkan permeabilitas membran sel terhadap glukosa, meningkatkan metabolisme oksigen, meningkatkan prekondisi oksidatif, dan merangsang sistem antioksidan endogen, yang semuanya pada akhirnya dapat mencegah terjadinya neuropati sel dan juga meningkatkan perfusi jaringan dan oksigenasi. Selain itu, ozon juga memiliki efek antiinflamasi dan antibakteri. Terapi ozon untuk ulkus diabetes dapat diberikan baik secara sistemik dan topikal. Target akhir dari luka ulkus diabetes adalah penyembuhan luka secara lengkap. Ulkus dikatakan sembuh total apabila terlihat parameter kulit yang sudah intak sempurna. Parameter ulkus yang akan dinilai yaitu luas permukaan ulkus yang dilakukan pada awal dan akhir penelitian.
Tujuan: Membuktikan efektivitas terapi ozon terhadap perbaikan luka ulkus diabetes
Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik, tinjauan sistematik, dan meta-analisis. Pencarian data dilakukan secara online di Pubmed-MEDLINE, Scopus, ProQuest, Cochrane library, ClinicalTrials.gov, Google Scholar, serta hand searching dari perpustakaan di Indonesia didapatkan 5 artikel yang disertakan dalam analisa kualitatif (tinjauan sistematik) (n=449), 3 artikel diantaranya diikutsertakan dalam analisa kuantitatif (meta-analisis) (n=211).
Hasil: Meta-analisis perbaikan luka ulkus diabetes menunjukkan SMD gabungan -1,740 (95% CI: -2,100 sampai -1,380 (p=0,00), menunjukkan bahwa perubahan luas ulkus diabetes secara keseluruhan pada kelompok pasien yang mendapatkan terapi ozon lebih besar dibanding kelompok kontrol (p<0.05).
Kesimpulan: Meta-analisis menunjukkan terapi ozon efektif dalam meningkatkan penyembuhan ulkus diabetes secara signifikan.
Kata kunci: ozone therapy, diabetic foot ulcers, diabetic ulcers repair

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: terapi ozon, ulkus kaki diabetik, perbaikan luka ulkus diabetes
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:28
Last Modified: 27 Dec 2022 03:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10605

Actions (login required)

View Item View Item