Search for collections on Undip Repository

ANALISIS DAYA DUKUNG AIR BERBASIS JASA LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN SISTEM GRID (STUDI KASUS: KOTA PURWOKERTO)

NAUFAL IAN FADILLAH, NAUFAL and Dr. L.M. Sabri, ST, MT, Sabri (2022) ANALISIS DAYA DUKUNG AIR BERBASIS JASA LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN SISTEM GRID (STUDI KASUS: KOTA PURWOKERTO). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
NAUFAL IAN FADILLAH Judul BAB I Daftar Pustaka.pdf

Download (480kB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dan pembangunan merupakan hal yang akan selalu terjadi dan tidak dapat dihindari. Hal ini dapat berdampak langsung terhadap ketersediaan air. Air merupakan sumber daya yang berlimpah di alam dan penting dalam menopang kehidupan makhluk hidup, namun demikian seiring dengan meningkatnya jumlah dan kebutuhan manusia, maka kebutuhan air juga ikut meningkat. Analisis yang dapat dilakukan dalam mengatasi hal ini adalah melalui pemetaan daya dukung air berbasis jasa lingkungan hidup dengan menggunakan sistem informasi geografis (SIG). Pembobotan dan skoring diperlukan dalam pembuatan peta ini, dimana setiap skor dan bobot kemudian dihitung dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk mendapatkan nilai indeks jasa lingkungan hidup penyedia air. Indeks jasa lingkungan hidup penyedia air kemudian berguna untuk penentuan ambang batas penduduk dan status daya dukung air. Peta disajikan dengan sistem grid skala ragam resolusi 5” x 5” dengan aplikasi ArcGIS. Hasil pemetaan indeks jasa lingkungan hidup, didapatkan bahwa Perkotaan Purwokerto hampir sebagian besar didominasi oleh jasa lingkungan hidup penyedia air kelas rendah yaitu seluas 4.513,97 Ha (48,39%). Tahun ambang batas penduduk yang dapat didukung Perkotaan Purwokerto sebagian besar berada pada tahun 2020, dengan jumlah 35 Kelurahan/Desa (57,38%). Hasil pemetaan daya dukung air Perkotaan Purwokerto didapatkan bahwa wilayah yang berada pada status terlampaui yaitu seluas 4.181,42 Ha (44,82%). Jika ditinjau berdasarkan ketersediaan dan kebutuhan air maka secara umum, Perkotaan Purwokerto mengalami kondisi surplus air yang cukup yaitu sebesar 240.269.270,65 m3/Tahun, namun jika dari total 61 Kelurahan/Desa yang ada, sebagian besar (57,38%) wilayah berada dalam status terlampaui sehingga dapat disimpulkan bahwa daya dukung air Perkotaan Purwokerto telah terlampaui.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Daya Dukung Air, Jasa Lingkungan Hidup, Simple Additive Weighting, Sistem Grid Sistem Informasi Geografis
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:30
Last Modified: 27 Dec 2022 01:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item