Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGOBATAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS TERHADAP PROFIL HORMON TIROID PADA TUBERKULOSIS ANAK

MAHMUDAH, MAHMUDAH and Utari, Agustini and Anam, Moh Syarofil (2022) PENGARUH PENGOBATAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS TERHADAP PROFIL HORMON TIROID PADA TUBERKULOSIS ANAK. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1-BAB 5)
BAB 1, BAB 2 dan seterusnya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis dengan 10% penderita anak-anak, dengan morbiditas dan mortalitas tinggi sehingga membutuhkan pengobatan yang adekuat. Salah satu efek samping OAT adalah disfungsi hormon tiroid yang dapat menganggu kualitas hidup anak. Akan tetapi publikasi penelitian mengenai pengaruh terapi OAT terhadap profil hormon tiroid pada TB anak masih sangat terbatas.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pengobatan obat anti tuberkulosis terhadap profil hormon tiroid pada tuberkulosis anak.
Metode: Sebuah studi one group pretes-postest design dari 80 pasien dilakukan di Balkesmas Semarang periode Januari 2021-Juni 2021. Tes fungsi tiroid berupa TSH, FT4 dan T3, pada TB anak diukur sebelum terapi OAT dan 2 bulan setelah pemberian OAT. Data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan uji komparasi menggunakan SPSS 25.
Hasil: Didapatkan perbedaan kadar FT4 dan T3 signifikan (p<0,001) sebelum terapi OAT dan 2 bulan pemberian OAT, namun kadar TSH tidak terdapat perbedaan signifikan (p>0,505). Kadar hormon tiroid sebelum pengobatan dan 2 bulan setelah pemberian OAT masing-masing, eutiroid sebanyak 67 pasien (83,8%) dan 65 pasien (81,3 %), hipotiroid subklinis sebanyak 12 pasien (15%) dan 14 pasien (17,5%), isolated hipertiroxemia 1 pasien (1,3%) dan 1 pasien (1,3%).
Kesimpulan: Disfungsi tiroid yang umum terlihat selama masa penelitian adalah hipotiroid subklinis. Terapi OAT menggunakan obat KDT sehingga belum dapat dijelaskan penyebab pasti obat yang memengaruhi disfungsi tiroid. Pasien dengan disfungsi tiroid yang signifikan perlu diberikan terapi bila diperlukan.

Kata Kunci: Hormon tiroid, TSH, FT4, T3, OAT, tuberkulosis anak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hormon tiroid, TSH, FT4, T3, OAT, tuberkulosis anak
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:34
Last Modified: 27 Dec 2022 01:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

View Item View Item