Search for collections on Undip Repository

Analisis Ateji dalam Novel Garden of Avalon

Mochamad Yusuf Noviandi, Yusuf (2022) Analisis Ateji dalam Novel Garden of Avalon. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Jurnal - Mochamad Yusuf Noviandi.pdf

Download (560kB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ateji yang muncul dalam novel Garden of Avalon karya Kinoko Nasu; 2. Untuk mengetahui relasi makna yang ada pada kanji dengan ateji dalam novel Garden of Avalon karya Kinoko Nasu. Data penelitian merupakan kalimat yang menggunakan ateji dalam novel Garden of Avalon.
Pengambilan data pada skripsi ini menggunakan metode simak dengan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode agih. kemudian hasil analisis disajikan menggunakan metode informal.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa bentuk ateji yang muncul adalah : 1. Ateji yang menunjukkan cara baca kosakata gairaigo; 2. Ateji yang menunjukkan ungkapan pengganti; 3. Ateji yang menunjukkan kata ganti atau pronomina; 4. Ateji yang nenunjukan karya atau bentuk ciptaan individu. Kemudian untuk relasi makna yang muncul pada kata dengan ateji adalah sinonim, hipernim dan hiponim.

Kata kunci: kanji, ateji, kata, relasi makna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:04
Last Modified: 26 Dec 2022 07:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item