Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK IBU DALAM PENYEDIAAN MAKANAN BERGIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SEMARANG SELAMA MASA PANDEMI

KHOLIDAH, LAILI NUR (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK IBU DALAM PENYEDIAAN MAKANAN BERGIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SEMARANG SELAMA MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LAILI NUR.pdf - Published Version

Download (13kB)

Abstract

Latar Belakang: Konsumsi makanan yang bergizi bagi anak sekolah sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Pola makan dan status gizi pada anak dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Praktik pemberian makanan pada anak merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi asupan gizi. Praktik pemberian yang tidak tepat akan menyebabkan masalah gizi pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik ibu dalam penyediaan makanan bergizi seimbang pada anak sekolah dasar.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Pengambilan sempel menggunakan teknik pusposive sampling.Sempel adalah seluruh orang tua (ibu) dari siswa yang sudah mendapatkan pendidikan gizi berasal dari 3 sekolah yaitu SDIT Bina Amal Semarang, SD Al-Azhar 25 Semarang dan SD Al-Azhar 29 Semarang dengan total sempel sebanyak 108 responden. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner yang sudah tervalidasi. Analisis data terdiri atas analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil:Sebagian besar ibu memilki praktik yang baik (66,7%), usia ibu tertinggi pada rentang 36-45 tahuan (64,8%),pengetahuanibu baik (63,9%), sikap ibu baik (58,3%), tingkat pendididkan ibu sebagian besar sarjana (93,5%), ibu yang bekerja (50,9), tingkat pendapatan keluarga berada di atas UMR (Rp 2.800.000,-) (89,8%), anak yang memiliki riwayat alergi makanan (13,9%), aksesibilitas mudah dijangkau (63,9), sumber informasi,yang digunakan kurang 4 media informasi (57,4%) dan prioritas pemilihan makanan dilakukan ibu (67,6%).
Simpulan: Faktor yang berhubungan dengan praktik ibu adalah pengetahuan, sikap, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga dan aksesibilitas.
Kata kunci: Praktik ibu, penyediaan makanan, anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:55
Last Modified: 26 Dec 2022 06:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item