Darwanto, Dika Pratama and Maesaroh, Maesaroh (2020) MANAJEMEN TOURISM INFORMATION CENTER DI KABUPATEN SIDOARJO /55/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
Cover.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Published Version Download (529kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (862kB) |
Abstract
Pariwisata merupakan sektor penting dalam pemasukan devisa tetapi keberagamannya tidak ikuti dengan kesadaran daya tarik wisata setiap daerah provinsi hingga kabupaten. Salah satu faktor mendukung daya tarik pariwisata daerah adalah dibentuknya Tourism Information Center sebagai pusat informasi wisata. Kabupaten Sidoarjo merupakan destinasi terbaru di provinsi Jawa Timurkarena terdapat wisata Lumpur Sidoarjo. Oleh sebab itu, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo membentuk Tourism Information Center sebagai upaya daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sidoarjo. Melihat upaya Tourism Information Center sebagai sebuah organisasi informasi wisatawan maka dibutuhkan fungsi manajemen yang terorganisir disetiap indikatornya. Penggunaanfungsi manajemen menurut Donovan dan Jackson dibantu pendekatan teori dari Moenir dengan melihat faktor penghambatdalam sebuah organisasi seperti sistem metode kerjaTourism Information Center Sidoarjo menjadi tolak ukur. Sehingga terlihat beberapa indikator yang menjadi poin masalahseperti indikator staffing yaitu penugasan Tourism Information Center yang terkesan tumpang tindih,controllingbeberapa program yang harus dibenahi menjadikan hal tersebut diangkat dalampenelitian sebagai deskripsi manajemen Tourism Information Center Sidoarjo. Kedua aspek tersebutdapat dijadikan pondasi awal untuk menganalisis apakah manajemen Tourism Information Center Sidoarjo sudah berjalan dengan semestinya. Hal tersebut diperlukan untuk kemudian dikajiberupa sebuah kesimpulan bahwa ada beberapa faktor yang menghambat Tourism Information Center Sidoarjo dalam upayanya untuk turut membantu mengelola pariwisata. Seperti regulasi yang menghambat baik dari segi organisasi serta kinerja dilapangan, diperlukannya sinergi dengan beberapa aspek pendukung dan mengoptimalkan anggaran yang tersedia. Kesimpulan tersebut dapat menjadi acuan Tourism Information Center Sidoarjo untuk lebih berbenah dalam mengembangkan potensi pariwisata dan menjadi pusat informasi pariwisata.
Kata Kunci : Manajemen, Tourism Information Center, Pariwisata, Kabupaten Sidoarjo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 02:07 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 02:07 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10546 |
Actions (login required)
View Item |