Search for collections on Undip Repository

BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEJADIAN KONSUMSI MINUMAN BERALKOHOL PADA KALANGAN REMAJA

Belinta, Yonda Aldilla Akmelia Putri and Nugroho, Teddy Wahyu and Wulandari, Diah Rahayu and Adespin, Dea Amarilisa (2022) BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEJADIAN KONSUMSI MINUMAN BERALKOHOL PADA KALANGAN REMAJA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
YONDA ALDILLA AKMELIA PUTRI BELINTA-22010119140195-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (574kB)

Abstract

Latar Belakang: WHO melaporkan 38,3% di atas usia 15 tahun sudah mulai mengonsumsi alkohol. Nilai konsumsi minuman beralkohol per kapita di seluruh dunia mencapai 6,2 liter. Pada tahun 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan konsumsi alkohol sebesar 0,36 liter per kapita, 0,18 di perkotaan dan 0,60 di pedesaan. Survei WHO secara global, menunjukkan bahwa kematian yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol mencapai 3,3 juta setiap tahunnya. Mengonsumsi alkohol secara terus menerus dapat merugikan jasmani dan rohani serta menimbulkan dampak negatif terhadap perilaku, cara berpikir, kehidupan keluarga, dan kehidupan sosial.
Tujuan: Menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi alkohol.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode cross-sectional. Kuesioner terstruktur digunakan dan didistribusikan secara online melalui formulir Google. Responden berjumlah 96 remaja yang berdomisili di Desa Plantaran Kabupaten Kendal. Responden dipilih melalui metode consecutive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat Chi-Square. Variabel penelitian ini adalah tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, pendapatan responden, persetujuan orang tua, riwayat alkohol keluarga, pengaruh teman sebaya dan peraturan lingkungan.
Hasil: Dari 96 responden didapatkan hasil bahwa 50% (48 orang) mengkonsumsi minuman beralkohol. Izin orang tua dan faktor teman sebaya memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat konsumsi minuman beralkohol di kalangan remaja.
Kesimpulan: Konsumsi alkohol di Desa Plantaran Kabupaten Kendal masih tinggi. Izin orang tua dan faktor teman sebaya yang berhubungan.
Kata Kunci: Orang dewasa yang mengkonsumsi alkohol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Orang dewasa yang mengkonsumsi alkohol.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:24
Last Modified: 16 Jun 2023 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10526

Actions (login required)

View Item View Item