Search for collections on Undip Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN DANDRUFF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fortuna, Alvina and Widyawati, Widyawati and Utami, Aras (2022) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN DANDRUFF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
KTI1.pdf

Download (261kB)

Abstract

Latar Belakang : Dandruff atau ketombe merupakan masalah umum mempengaruhi sekitar 50% dari populasi orang dewasa di dunia. Dandruff terjadi pada kulit kepala (scalp) yang ditandai dengan rasa gatal, serpihan warna putih atau kekuningan yang berlebihan. Terdapat beberapa faktor risiko yang menyebabkan kejadian dandruff antara lain kebersihan kulit kepala, tingkat stress dan jenis kelamin.
Tujuan : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian dandruff pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Metode : Penelitian observasional dengan metode cross-sectional yang dilakukan pada Oktober 2022. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 156 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel bebas penelitian adalah kebersihan kulit kepala, jenis kelamin dan tingkat stress sedangkan variabel terikat adalah kejadian dandruff. Data penelitian merupakan data primer yang diambil dari kuesioner dan foto klinis. Pengambilan sampel dilakukan dengan consecutive sampling. Data yang telah diperoleh dalam penelitian akan diolah menggunakan aplikasi statistik SPSS 26 dan dianalisis menggunakan uji chi-square.
Hasil : Hasil uji hipotesis penelitian tidak terdapat hubungan bermakna antara kebersihan kulit kepala, jenis kelamin dan tingkat stress pada kejadian dandruff dengan masing-masing p value 0,296;0,290;0,550.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan bermakna antara kebersihan kulit kepala, jenis kelamin dan tingkat stress terhadap kejadian dandruff.
Kata Kunci : Dandruff, Ketombe, Stress, Kebersihan Kulit Kepala

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Dec 2022 05:54
Last Modified: 24 Dec 2022 05:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10493

Actions (login required)

View Item View Item