Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN GAMBARAN FOTO POLOS TORAKS MENURUT SISTEM SKORING BRIXIA DENGAN PLATELET-TO-LYMPHOCYTE RATIO (PLR) PADA PASIEN COVID-19

Nosatiya, Eigieneo Elmattana and Meutia, Yurida Binta (2022) HUBUNGAN GAMBARAN FOTO POLOS TORAKS MENURUT SISTEM SKORING BRIXIA DENGAN PLATELET-TO-LYMPHOCYTE RATIO (PLR) PADA PASIEN COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Virus SARS-CoV-2 yang ditemukan pada akhir tahun 2019 di Wuhan telah menyebar ke seluruh dunia dan berubah menjadi pandemi hingga saat ini. Sangat penting untuk menilai keparahan COVID-19 dengan modalitas pemeriksaan yang efisien, tersedia secara luas, serta relatif terjangkau bagi masyarakat. Pemeriksaan radiologi foto polos toraks dan laboratorium darah dalam hal ini nilai Platelet-to-Lymphocyte Ratio (PLR) memiliki potensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gambaran foto polos toraks menurut sistem skoring Brixia dengan PLR pada pasien COVID-19.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain potong lintang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode consecutive sampling. Data penelitian merupakan data sekunder dari catatan medis yang meliputi data umum, pemeriksaan radiologi, dan pemeriksaan laboratorium pada pasien COVID-19 di RSUP Dr Kariadi Semarang dalam periode 1 Januari 2020 – 31 Desember 2021. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil: Diperoleh sejumlah 180 pasien yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan rerata usia 46 tahun dan mayoritas berjenis kelamin laki-laki. Hasil yang paling banyak ditemukan adalah gejala COVID-19 derajat sedang, bacaan foto polos toraks yang tidak normal dengan keterlibatan paru bilateral, serta kenaikan PLR. Uji korelasi Spearman menunjukkan hubungan signifikan antara gambaran foto polos toraks menurut sistem skoring Brixia dengan PLR pasien COVID-19, dengan arah hubungan positif atau searah, dan kekuatan hubungan lemah. (nilai-p < 0,001; nilai-r = 0,321)
Simpulan: Gambaran foto polos toraks menurut sistem skoring Brixia memiliki hubungan signifikan dengan nilai Platelet-to-Lymphocyte Ratio (PLR).
Kata kunci: Brixia, COVID-19, foto polos toraks, hubungan, platelet lymphocyte ratio (PLR)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brixia, COVID-19, foto polos toraks, hubungan, platelet lymphocyte ratio (PLR)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:48
Last Modified: 23 Dec 2022 03:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item