Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Panjang Tulang Femur, Lingkar Lengan Atas, dan Lingkar Pinggang Antara Pasein Wanita Meningioma dan Non-meningioma di RSUP dr. Kariadi Semarang

Ramadhany, Sarah Arya and ARIFIN, M. THOHAR and Bakhtiar, Yuriz and Andar, Erie B. P. Setya Budi (2022) Perbedaan Panjang Tulang Femur, Lingkar Lengan Atas, dan Lingkar Pinggang Antara Pasein Wanita Meningioma dan Non-meningioma di RSUP dr. Kariadi Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang : Meningioma adalah salah satu tumor sistem saraf pusat yang berasal dari sel leptomeningeal. Prognosis dari meningioma tidak hanya dipengaruhi oleh grading dan subtipe tetapi juga dipengaruhi oleh faktor resiko, seperti usia, jenis kelamin, hormonal, berat badan, dan tinggi badan.
Tujuan : Membuktikan adanya perbedaan panjang tulang femur, lingkar lengan atas, dan lingkar pinggang antara pasien wanita meningioma dan non-meningioma.
Metode :Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian adalah 50 pasien wanita di RSUP dr. Kariadi Semarang yang telah terpilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi berdasarkan metode consecutive sampling. Data penelitian adalah data sekunder berupa identitas pasien dan data primer berupa panjang tulang femur, lingkar lengan atas, dan lingkar pinggang. Uji stastistik menggunakan Independent Samples-T test dan Mann-Whitney test.
Hasil : Dari 50 subjek didapatkan 21 subjek kelompok kasus(pasien meningioma) sebanyak 21 orang (42%) dan 29 subjek kelompok kontrol (non-meningioma) (58%). Tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada variabel panjang tulang femur lingkar lengan atas dan lingkar pinggang antara pasien wanita meningioma dan non-meningioma di RSUP dr. Kariadi Semarang dengan hasil analisis bivariat berturut-turut p=0,854, p=0,705, dan p=0,875 (p>0,05)
Kesimpulan : Tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada variabel panjang tulang femur lingkar lengan atas dan lingkar pinggang antara pasien wanita meningioma dan non-meningioma di RSUP dr. Kariadi
Kata kunci : panjang tulang femur, lingkar lengan atas,lingkar pinggang, meningioma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: panjang tulang femur, lingkar lengan atas,lingkar pinggang, meningioma.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:44
Last Modified: 23 Dec 2022 03:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item