Search for collections on Undip Repository

Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Peserta Program Universal Health Coverage di Rumah Sakit Wongsonegoro Kota Semarang /49/ADM.PUBLIK/2020

Gandanesia, Candika and Maesaroh, Maesaroh (2020) Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Peserta Program Universal Health Coverage di Rumah Sakit Wongsonegoro Kota Semarang /49/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text
BAB II .pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
BAB III .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualialitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Wongsonegoro kepada pasien peserta program UHC. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan lima (5) dimensi kualitas pelayanan sebagai indikator dalam menilai kualitas pelayanan yaitu tangible (bukti fisik), assurance (jaminan), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), dan empathy (empati). Hasil penilaian tingkat kepentingan dan hasil penilaian kinerja akan dihasilkan suatu perhitungan mengenai tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan (harapan) dan kinerja pelayanan yang diterima. Dua variabel dalam perhitungan tingkat kesesuaian adalah variabel tingkat kinerja (X) yang mampu memberikan kepuasan pelanggan dan tingkat harapan pelanggan (Y).
Penilaian kinerja pelayanan Rumah Sakit Wongsonegoro terhadap pasien peserta BPJS yang dijamin oleh Pemerintah Kota Semarang melalui program UHC dapat dikatakan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata keseluruhan yaitu 3,79 yang berdasarkan dengan kategori setiap rata-rata dimensi kualitas pelayanan. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kualitas pelayanan agar semakin maksimal antara lain kecepatan dalam proses penerimaan dan penangan pasien, tingkat keseringan pasien menerima pemeriksanaan oleh dokter selama dalam perawatan, terpenuhinya jenis pelayanan yang ada pada rumah sakit, jumlah kualifikasi keahlian dokter dan paramedis, serta persediaan obat dan peralatan yang disediakan oleh rumah sakit dalam proses pengobatan atau perawatan.
Kata Kunci: Pelayanan, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:57
Last Modified: 22 Dec 2022 07:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10421

Actions (login required)

View Item View Item