Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KECANDUAN GAME TERHADAP KUALITAS TIDUR DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Evelyn, Malinda and Asikin, Hang Gunawan and Hadiati, Titis and Sarjana, Widodo (2022) HUBUNGAN KECANDUAN GAME TERHADAP KUALITAS TIDUR DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
MALINDA EVELYN-22010119130078-KTI-COVER.pdf

Download (679kB)

Abstract

Latar Belakang: Tuntutan perkuliahan yang tinggi terhadap mahasiswa kedokteran akan berdampak pada tingkat stres. Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan bermain game. Bermain game dapat memberikan efek negatif jika berlebihan. Efek negatif itu antara lain dapat menimbulkan kecanduan. Sikap adiktif terhadap game hingga pada satu titik akan mengganggu rutinitas seperti tidur dan fungsi kognitif, dalam hal ini terjadi penurunan IPK.
Tujuan: Mengetahui hubungan kecanduan bermain game dengan kualitas tidur dan IPK pada mahasiswa FK Undip.
Metode: Merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional yang dilaksanakan selama tiga bulan melalui media sosial Line dengan sampel 100 orang Mahasiswa Program Studi Kedokteran FK Undip Angkatan 2019-2021 yang bersedia dan memenuhi kriteria inklusi. Pengujian hubungan kecanduan game dengan kualitas tidur menggunakan uji chi-square, sedangkan kecanduan game dan kualitas tidur terhadap IPK dilakukan uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan uji beda.
Hasil: Didapatkan 29,7% (30) responden dengan kecanduan game, 72,3% (73) memiliki kualitas tidur yang buruk, serta 61,4% (62) mengalami penurunan IPK. Terdapat hubungan signifikan kualitas tidur dengan kecanduan game (p=0,063; p<0,1) dan IPK (p=0,085). Pada uji beda kecanduan game dengan IPK tidak ada hubungan signifikan (p=0,309).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kecanduan bermain game, kualitas tidur, dan IPK pada mahasiswa FK Undip.

Kata kunci: kecanduan game, kualitas tidur, IPK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecanduan game, kualitas tidur, IPK
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:56
Last Modified: 23 Dec 2022 01:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10399

Actions (login required)

View Item View Item