Search for collections on Undip Repository

FAKTOR DETERMINAN KEJADIAN PICKY EATING PADA USIA PRASEKOLAH 2-5 TAHUN (STUDY DI TK NEGERI KOTA BIMA)

Hadiva, Sonia and Widyastuti, Nurmasari and Ratna Noer, Etika and Syauqy, Ahmad FAKTOR DETERMINAN KEJADIAN PICKY EATING PADA USIA PRASEKOLAH 2-5 TAHUN (STUDY DI TK NEGERI KOTA BIMA). -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Sonia.pdf

Download (183kB)

Abstract

Latar Belakang : Prevalensi Picky Eating pada anak prasekolah masih cukup tinggi di Indonesia. Picky Eating jika dibiarkan terus-menerus dan tidak segera ditangani menjadi salah satu risiko masalah gizi pada anak.

Tujuan : Menganalisis faktor-faktor apa saja yang paling berpengaruh dengan kejadian Picky Eating pada usia pra-sekolah 2-5 tahun di TK Negeri Kota Bima.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional, dilakukan di TK Negeri kelurahan Rite Kota Bima. Besar sampel dalam penelitian ini yaitu 41 anak usia 2-5 tahun dengan metode stratified random sampling. Data yang diambil meliputi perilaku Picky Eating, asupan zat gizi, antropometri, , pola asuh, pengetahuan gizi ibu dan kebiasaan makan. Pengambilan data menggunakan kuesioner Picky Eating, pola asuh, pengetahuan gizi ibu, kebiasaan makan (ffq), dan formulir food recall 3x24 jam. Uji beda menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Chi-Squared.
Hasil : Penelitian menunjukkan ada perbedaan pola asuh (p=0,005), pengetahuan gizi ibu (p=0,010) dan kecukupan asupan energi (p=0,004), lemak (p=<0,001), protein (p=0,010) antara balita Picky Eating dan Non Picky Eating, tetapi tidak ada perbedaan asupan karbohidrat (p=0,062) dan status gizi (p=0,269).
Simpulan : Ada perbedaan antara kecukupan asupan energi, protein, dan lemak pada anak prasekolah Picky Eating dan Non Picky Eating, akan tetapi tidak ada perbedaan dalam persen kecukupan asupan karbohidrat,zat besi dan status gizi.
Kata Kunci : Picky Eating, pola asuh, kecukupan asupan gizi, status gizi, balita

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:25
Last Modified: 22 Dec 2022 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item