Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KADAR VITAMIN D DENGAN MASSA OTOT PADA ANAK OBESITAS

Rosadiani, Hefira and wistiani, wistiani and Hardiningsih, Galuh (2022) HUBUNGAN ANTARA KADAR VITAMIN D DENGAN MASSA OTOT PADA ANAK OBESITAS. Masters thesis, Faculty of Medicine.

[img] Text (Tessis)
Tesis-Hefira -PPDS IKA - Copy.pdf - Draft Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Obesitas dapat mengakibatkan sekresi mediator pro inflamasi yang dapat mengakibatkan terjadinya defisiensi vitamin D dan penurunan massa otot. Penelitian-penelitian yang mempelajari hubungan antara efek vitamin D terhadap massa otot memberikan kesimpulan yang berbeda-beda.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara massa otot dan kadar vitamin D pada anak obesitas.
Metode: Penelitian cross sectional pada bulan 1 April - 30 September 2022 di empat sekolah dasar di Semarang terhadap 86 anak obesitas usia 7-12 tahun dilakukan pengukuran massa otot dan kadar vitamin D. Pemeriksaan massa otot menggunakan Bioelectrical Impendance (BIA). Pengukuran kadar vitamin D dengan mengukur 25 (OH)D serum darah subyek dengan tekhnik ELISA. Analisa data dilakukan dengan uji chi square.
Hasil: Rata-rata massa otot pada anak obesitas 15,04 kg. Massa otot rendah didapatkan pada 77,9% anak obesitas. Rata-rata kadar vitamin D pada anak obesitas 26,65 ng/mL. Kadar vitamin D rendah didapatkan pada 30,2% anak obesitas. Uji hubungan antara kadar vitamin D dengan massa otot pada anak obesitas adalah p = 0,722..
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara vitamin D dengan masa otot pada anak dengan obesitas.
Kata Kunci: Obesitas, Vitamin D, Massa Otot, BIA, ELISA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:17
Last Modified: 26 Dec 2022 06:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item