Search for collections on Undip Repository

Kadar Pati, Kadar Pati Resisten, Dan Daya Cerna Pati In-Vitro Pada Biskuit Kacang Merah Dan Mocaf

Nadia, Iluni Prista and Afifah, Diana Nur and Purwanti, Rachma and Wijayanti, Hartanti Sandi Kadar Pati, Kadar Pati Resisten, Dan Daya Cerna Pati In-Vitro Pada Biskuit Kacang Merah Dan Mocaf. -. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-Iluni.pdf

Download (221kB)

Abstract

Latar Belakang: Pasien diabetes melitus disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah. Biskuit tepung kacang merah dan mocaf mengandung pati, amilosa, amilopektin, pati resisten dan daya cerna pati yang dapat berpengaruh terhadap indeks glikemik suatu pangan sehingga dapat diharapkan biskuit ini sebagai alternatif makanan selingan pasien diabetes melitus.
Tujuan: Mengetahui nilai kadar pati, amilosa, amilopektin, pati resisten, dan daya cerna pati pada biskuit tepung kacang merah dan mocaf.
Metode: Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimental. Terdapat 4 formulasi dalam penelitian ini dengan perbandingan komposisi tepung kacang merah dan mocaf masing-masing 44%:0% (F1), 31%:13% (F2), 22%:22% (F3), dan 13%:31% (F4). Hasil uji pati, amilosa, amilopektin, pati resisten dan daya cerna pati dianalisis menggunakan Two Way Anova dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc.
Hasil: Penambahan tepung mocaf dalam biskuit tersebut meningkatkan kadar pati, amilosa, dan daya cerna pati dan menurunkan kadar pati resisten. Selain itu, terdapat peningkatan yang tidak signifikan pada kadar amilopektin. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna pada semua uji yang dilakukan terhadap keempat formulasi biskuit tersebut.
Kesimpulan: Formulasi F1 memiliki kadar pati resisten tertinggi dan daya cerna pati terendah sehingga berpotensi untuk dijadikan alternatif selingan bagi pasien diabetes melitus.
Kata Kunci: tepung kacang merah, mocaf, pati, pati resisten, daya cerna pati.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:08
Last Modified: 19 Dec 2022 08:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item