Search for collections on Undip Repository

ANALISIS INOVASI PELAYANAN 6 IN 1 (ELEKTRONIK LAHIR MATI PINDAH DATANG) DI DISPENDUK CAPIL KOTA SURABAYA (Studi Kasus pada Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian) / 35/ADM.PUBLIK/2020

Fadilah, Gayuh Nur and Maesaroh, Maesaroh (2020) ANALISIS INOVASI PELAYANAN 6 IN 1 (ELEKTRONIK LAHIR MATI PINDAH DATANG) DI DISPENDUK CAPIL KOTA SURABAYA (Studi Kasus pada Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian) / 35/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
DATAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB)

Abstract

Kota Surabaya memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat di setiap tahunnya mempengaruhi tingginya permintaan pelayanan administrasi kependudukan khususnya pada pelayanan akta kelahiran dan akta kematian sehingga menyebabkan menumpuknya antrian dan adanya calo. Inovasi pelayanan 6 in 1 atau e-Lampid yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya hadir untuk menggantikan pelayanan yang sebelumnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisis atribut inovasi dan faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat inovasi pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi milik Rogers, faktor pendukung milik Fontana dan faktor penghambat miliki Albury untuk melihat bagaimana karakterisitk dan pelaksanaan dari inovasi pelayanan 6 in 1 (e-Lampid) di Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pelayanan 6 in 1 (e-Lampid) memiliki 1) keuntungan relatif, 2) kesesuaian, 3) kemungkinan dicoba dan 4) kemudahan diamati, akan tetapi masih mengalami kerumitan. Dalam pelaksanaannya, Inovasi pelayanan 6 in 1 (e-Lampid) memiliki faktor pendukung, yaitu adanya orang-orang dan kelompok kreatif, budaya, dan sumber daya manusia. Disisi lain, faktor penghambat juga terdapat dalam pelaksanaan inovasi pelayanan 6 in 1 (e-Lampid) yaitu ketergantungan terhadap figur yang memiliki high performer serta tekanan dan hambatan administratif. Saran yang dapat diberikan adalah mengadakan program khusus sekaligus sebagai media sosialisasi terkait penggunaan inovasi secara rutin dengan memanfaatkan Broadband Learning Center (BLC) bekerja sama dengan Diskominfo,menjaga koordinasi yang kooperatif dan kolaboratif dengan dengan dibentuknya tim khusus untuk pengaduan terkait kendala jaringan untuk program inovasi pelayanan 6 in 1 (E-Lampid) dan perlunya pengembangan aplikasi terkait pemberitahuan atau notifikasi mengenai proses verifikasi dan kelengkapan berkas.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Atribut Inovasi, Administrasi Kependudukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:58
Last Modified: 22 Dec 2022 02:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

View Item View Item