Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH ‘NGUDI LESTARI’KELURAHAN TINJOMOYO, KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG /17/ADM.PUBLIK/2020

Wicaksono, Ilham and Warsono, Hardi (2020) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH ‘NGUDI LESTARI’KELURAHAN TINJOMOYO, KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG /17/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17kB)

Abstract

Sampah merupakan permasalahan yang cukup serius di Kota Semarang, berbagai macam upaya dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk menanggulangi hal tersebut, salah satunya adalah melalui pendirian bank sampah. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui Bagaimana manajemen dalam pemberdayaan Bank Sampah ‘Ngudi Lestari’ di Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang dan apa saja faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan 8 narasumber. Data tersebut selanjutnya, dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan diuji kualitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen dalam pemberdayaan bank sampah di Kelurahaan Tinjomoyo sudah cukup baik meskipun masih kurang maksimal. Adapun faktor yang mendukung adalah: masyarakat bersifat terbuka, adanya pelatihan bagi pengelola, adanya arahan yang jelas, adanya fasilitas pendukung, partisipasi masyarakat yang tinggi, adanya komunikasi dua arah, dan pimpinan yang berintegritas. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan adalah: masyarakat terkadang masih lupa kegiatan pengelolaan bank sampah, pengelola yang sudah berumur, kurangnya kemampuan dalam penggunaan teknologi, pola pikir konvensional, data yang kurang update, dan tingkat partisipasi masyarakat yang hanya mencapai tingkat RT dan RW.

Kata Kunci: Manajemen, pemberdayaan, bank sampah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:40
Last Modified: 16 Dec 2022 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item View Item