Search for collections on Undip Repository

TINGKAT KEBERHASILAN PEMASANGAN LARYNGEAL MASK AIRWAY (LMA) KLASIK MENGGUNAKAN STYLET

AXANDITYA, BIANDA and HARAHAP, M. SOFYAN and IRTANI, BONDAN (2022) TINGKAT KEBERHASILAN PEMASANGAN LARYNGEAL MASK AIRWAY (LMA) KLASIK MENGGUNAKAN STYLET. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text (COVER)
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan : Kesulitan dalam mempertahankan patensi jalan napas setelah induksi anestesi dapat terus ditemukan dalam tindakan anestesi. Laryngeal Mask Airway (LMA) diperkenalkan dalam praktik klinis sebagai perangkat ventilasi penyelamatan dalam skenario intubasi yang gagal. LMA meyediakan kualitas ventilasi yang lebih baik dengan penggunaan yang lebih mudah dibandingkan tabung endotrakeal. Angka keberhasilan pemasangan LMA klasik pada usaha pertama dengan teknik standar masih rendah dan bervariasi yang pada umumnya bergantung pada pengalaman ahli anestesi yang melakukan.
Tujuan : Salah satu jenis terbaru dari LMA adalah LMA Supreme yang menggabungkan fitur-fitur dari LMA lain dan dianggap dapat menghasilkan tingkat keberhasilan pemasangan yang lebih superior. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pemasangan LMA klasik menggunakan stylet dibandingkan LMA klasik tanpa stylet dan LMA supreme pada berbagai level kompetensi peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)-1 Anestesiologi dan Terapi Intensif di RSUP dr. Kariadi Semarang.

Metode : Penelitian randomized controlled trial dilakukan terhadap subjek penelitian yang diseleksi menggunakan metode consecutive sampling. Data disajikan dalam bentuk persentase untuk variabel kategorik dan rerata, median, dan standar deviasi untuk variabel numerik. Normalitas data dianalisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov yang dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Kruskal-Wallis dan uji Mann-Whitney Post Hoc. Hasil dianggap signifikan apabila nilai p<0,05.

Hasil : Lama pemasangan LMA klasik menggunakan stylet (9,17 ± 1,15) secara signifikan lebih cepat dibandingkan LMA klasik tanpa stylet (9,71 ± 2,08) dan tidak ada perbedaan yang bermakna dengan LMA Supreme (9,71 ± 2,45). Jumlah percobaan LMA klasik menggunakan stylet (1,17 ± 0,38) dan LMA Supreme (1,14 ± 0,36) secara signifikan lebih sedikit dibandingkan LMA klasik tanpa stylet (1,38 ± 0,38). Tidak ditemukan adanya perbedaan dari efek samping pada penggunaan LMA.

Simpulan : Tingkat keberhasilan, jumlah percobaan dan lama pemasangan LMA klasik menggunakan stylet lebih baik dibandingkan LMA klasik tanpa stylet dan LMA Supreme pada berbagai level kompetensi pada berbagai peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)-1 Anestesiologi dan Terapi Intensif di RSUP dr. Kariadi Semarang.

Kata Kunci : LMA klasik, LMA Supreme, stylet

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LMA klasik, LMA Supreme, stylet
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:00
Last Modified: 15 Dec 2022 06:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10123

Actions (login required)

View Item View Item