Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERENCANAAN PARTISIPATIF PEMBANGUNAN TALUD PENAHAN LONGSOR (STUDI KASUS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA LEREP KABUPATEN SEMARANG) /72/PEM/2020

Anggalih, Ratih Ayu Tirta and kushandajani, kushandajani (2020) ANALISIS PERENCANAAN PARTISIPATIF PEMBANGUNAN TALUD PENAHAN LONGSOR (STUDI KASUS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA LEREP KABUPATEN SEMARANG) /72/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam mengelola pembangunan desa setiap pemerintah desa mengupayakan peningkatan terhadap kinerja pembangunan sehingga dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat.Oleh karena itu dalam menunjang peningkatan kinerja pembangunan perlu ditunjang dengan perencanaan pembangunan yang baik.Perencanaan pembangunan merupakan salah satu strategi yang disusun oleh pemerintah desa dalam merencanakan dan mengelola pembangunan desa, dimana pemerintah juga melibatkan sektor swasta dan kelompok masyarakat didalamnya, sehingga pelaksanaan pembangunan daerah dapat terlaksana dengan baik dan dapat mewujudkan visi dan misi daerah yang telah direncanakan sebelumnya.Hal ini didukung dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi dengan prosentase kehadiran hingga 80% dalam kegiatan musrenbang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses perencanaan partisipatif pembangunan talud penahan longsor di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dan apa faktor penghambat dan faktor pendorong partisipasi masyarakat pada proyek pembangunan talud penahan longsor di Desa Lerep Kabupaten Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data primer didapatkan melalui wawancara langsung dengan informan yang ditentukan dari keterkaitan informan tersebut dengan masalah penelitian, dan data sekunder didapat dari dokumen-dokumen notulensi usulan masyarakat desa, jurnal-jurnal, artikel, peraturan perundang-undangan, berita di media cetak, media elektronik atau online. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan beberapa pertimbangan dalam perencanaan partisiatif yaitu (1) Mengumpulkan informasi; (2) Menyalurkan aspirasi masyarakat; (3) Diversivitas proses pengambilan keputusan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan infrastruktur ini secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Hal ini dikarenakan masyarakat dan sivitas lainnya turut serta berpartisipasi dalam setiap tahap perencanaan pembangunan. Pada penelitian ini ditemukan beberapa faktor pendukung diantaranya: koordinasi yang baik antar warga dengan perangkat desa, keaktifan masyarakat, tingginya tingkat kesadaran masyarakat dalam gotong-royong dan adanya kontrol yang dilakukan oleh masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: jangkauan wilayah yang sangat luas, kesibukan masyarakat dan kurangnya fasilitas yang memadai.
Pemerintah Desa Lerep diharapkan terus meningkatkan keterbukaan dalam bentuk komunikasi dua arah kepada masyarakat, harus lebih berupaya untuk merangsang dan mengoptimalkan keterlibatan masyarakat dan sivitas lainnya.
Kata kunci: Partisipasimasyarakat, Perencanaanpembangunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:02
Last Modified: 14 Dec 2022 04:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10082

Actions (login required)

View Item View Item