Search for collections on Undip Repository

EVALUASI CAPAIAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) PADA PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS PLAYEN II KABUPATEN GUNUNGKIDUL

FATASYADHUHA, NUFIKA (2022) EVALUASI CAPAIAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) PADA PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS PLAYEN II KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NUFIKA.pdf - Published Version

Download (243kB)

Abstract

Menurut data Riskesdas 2018, hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang trennya meningkat signifikan dibandingkan tiga besar tren penyakit tidak menular lainnya, seperti: stroke, penyakit ginjal kronis dan diabetes. Dalam penanganan hipertensi, Program Penanggulangan Penyakit Kronis (Prolanis) dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif yang bertujuan untuk mengurangi efek samping pengobatan medikasi dan mengoptimalkan status kesehatan pasien hipertensi. Kabupaten Gunungkidul memiliki angka kejadian hipertensi yang tinggi dan dipilihnya Puskesmas Playen II Kabupaten Gunungkidul sebagai lokasi penelitian karena cakupan pelayanan hipertensi yang diberikan oleh Prolanisnya masih rendah. Evaluasi capaian Prolanis pada penyakit hipertensi di Puskesmas Playen II menggunakan model teori evaluasi Chain of Events menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian menggunakan rancangan studi evaluasi kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 15 informan yang dipilih melalui metode purposive sampling. Capaian Prolanis pada penyakit hipertensi di Puskesmas Playen II tidak memenuhi target minimal 5% karena timpangnya jumlah pasien hipertensi terkendali dengan total pasien hipertensi terdaftar Prolanis. Selain itu, komponen Prolanis turut berpengaruh terhadap ketidaktercapaian capaian Prolanis di Puskesmas Playen II, berupa penjangkauan target dan tindak lanjut pengobatan. Sehingga mengharuskan Puskesmas Playen II untuk melakukan sosialisasi Prolanis melalui pertemuan dengan masyarakat dan secara rutin setiap bulan memantau gaya hidup peserta Prolanis.
Kata Kunci : Evaluasi, Prolanis, Hipertensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:11
Last Modified: 14 Dec 2022 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10080

Actions (login required)

View Item View Item