Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN MUHAMMAD NATSIR DAN WAKILNYA JOKO SUTANTO PADA PEMILUKADA KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015 /63/PEM/2020

Jatmiko, Mohamad Givanandra and Taufiq, Ahmad (2020) STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN MUHAMMAD NATSIR DAN WAKILNYA JOKO SUTANTO PADA PEMILUKADA KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015 /63/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pada tanggal 9 Desember 2015, Kabupaten Demak telah melaksanakan pemilihan umum kepala daerah secara langsung, pemilihan tersebut diikuti oleh tiga kandidat calon kepala daerah. Dua dari pasangan calon merupakan pasangan petahana (incumbent). Tentunya masing-masing kandidat memiliki strategi pemenangan yang berbeda-beda. Strategi pemenangan dalam penelitian ini adalah rencana dan tujuan pasangan Muhammad Natsir dan Joko Sutanto untuk mencapai kemenangan dalam pemilihan Bupati di Kabupaten Demak. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi komunikasi politik yang digunakan pasangan Joko Sutanto dan wakilnya Joko Sutanto pada Pemilukada Kabupaten Demak Tahun 2015? (2) Faktor-faktor kemenangan yang digunakan pasangan Muhammad Natsir dan wakilnya Joko Sutanto pada Pemilukada Kabupaten Demak Tahun 2015?Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Demak. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara dengan Koordinator Juru Kampanye, Kandidat Wakil Bupati Joko Sutanto dan data sekunder didapatkan melalui dokumen tim pemenangan, dokumen KPUD Demak, website, dan jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemenangan pasangan Muhammad Natsir dan Joko Sutanto adalah komunikasi politik. Strategi komunikasi politik yang digunakkan mencakup retorika politik, propaganda politik, lobi politik dan kampanye.Langkah melakukan strategi komunikasi yaitu dengan merawat ketokohan, memantapkan lembaga politik, menciptakan kebersamaan dan membangun konsensus. Kemudian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pasangan Muhammad Natsir dan Joko Sutanto sehingga bisa mengalahkan pasangan petahana (incumbent), faktor-faktor tersebut adalah strategi, koalisi partai, penetapan kandidat, visi misi program, koordinasi tim pemenangan, basis massa pendukung, target pemilih dan kampanye. Strategi komunikasi politik dan faktor-faktor pendukung kemenangan merupakan kekuatan yang dilakukan pasangan Muhammad Natsir dan Joko Sutanto melawan dua pasangan calon petahana (incumbent). Terbukti pasangan Muhammad Natsir dan Joko Sutanto dapat meraih kemenangan telak di seluruh kecamatan di Kabupaten Demak yang berjumlah 14 Kecamatan, dengan perolehan suara 309.251 dari 569.885 suara sah.
Kata Kunci:Strategi Komunikasi Politik, Faktor-Faktor Kemenangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:40
Last Modified: 13 Dec 2022 06:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10060

Actions (login required)

View Item View Item