Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI (PPI) COVID-19 DI PUSKESMAS TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

AHMAD, NURUL FAUZIAH (2022) ANALISIS PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI (PPI) COVID-19 DI PUSKESMAS TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NURUL FAUZIAH.pdf - Published Version

Download (358kB)

Abstract

Puskesmas, yang berada di tiap-tiap kecamatan dan memiliki konsep wilayah, menjadi garda terdepan dalam pemutusan rantai penyebaran COVID-19. Dimana Puskesmas terlibat dalam penanganan dan pencegahan penyebaran infeksi COVID-19 tanpa mengesampingkan fungsinya dalam penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). PPI dilakukan kerna COVID-19 memiliki kemungkinan untuk tersebar antar pasien, antar petugas, maupun pasien dengan petugas selama kegiatan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan termasuk Puskesmas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif yang menggali tentang PPI COVID-19 di Puskesmas Temanggung dengan menerapkan teori implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh Edward III. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa aspek komunikasi dan struktur birokrasi yang memengaruhi impelemntasi kebijakan PPI COVID-19 sudah cukup baik. Sementara pada aspek sumber daya, khususnya sumber daya manusia serta fasilitas, dan aspek disposisi khususnya pada komitmen implementor, masih dirasa kurang.

Kata kunci: pencegahan dan pengendalian infeksi COVID-19, implementasi kebijakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:07
Last Modified: 13 Dec 2022 04:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item