Search for collections on Undip Repository

RELASI BISNIS DAN POLITIK: STUDI PERAN KELUARGA “DEWI SRI” DALAM MEMENGARUHI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN BREBES 2017 - 2022 /56/PEM/2020

Aji, Jerry Abriel Kusuma and Adnan, Muhammad (2020) RELASI BISNIS DAN POLITIK: STUDI PERAN KELUARGA “DEWI SRI” DALAM MEMENGARUHI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN BREBES 2017 - 2022 /56/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

ABSTRAK
Sejak pemilihan Kepala daerah dilakukan secara langsung, banyak kalangan pengusaha atau keluarga pengusaha yang terjun ikut meramaikan kompetisi pemilihan langsung tersebut. Di Jawa tengah, Kabupaten Brebes merupakan salah satu daerah yang Bupatinya berasal dari keluarga pengusaha. Apakah Bupati yang berasal dari keluarga pengusaha tidak menimbulkan conflict of interest? Apakah keluarga pengusaha tersebut tidak berusaha memengaruhi kebijakan di Daerah yang akan menguntungkan bisnisnya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh keluarga bagi Bupati yang berasal dari lingkungan keluarga.
Penelitian ini menggunakanmetodepenelitiandeskriptifkualitatifdenganpendekatanstudikasus. Peneliti memperoleh data penelitian melalui sumber primer yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi dan data sekunder yang diperoleh melalui pengumpulan data dari dokumen maupun data laporan instansi terkait.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa peran keluarga “Dewi Sri” dalam memengaruhi kebijakan Pemerintah Kabupaten Brebes tidak lagi dominan. Suami Idza Priyanti yang pada saat awal periode kepemimpinannya sebagai Bupati Brebes sangat terlihat dominasinya terhadap kebijakan yang dibuat oleh Idza Priyanti, saat ini tidak menunjukkan adanya intervensi dalam kebijakan yang dibuat. Hal ini disebabkan karena Idza Priyanti sudah lama diincar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi karena banyak kebijakan – kebijakan yang dibuat bersifat kolutif dan nepotis yang menguntungkan dirinya ataupun keluarganya.Selain itu prinsip –prinsip good governance juga dijalankan dalam periode Pemerintahan Idza Priyanti saat ini, sehingga praktik – praktik seperti intervensi kebijakan yang dilakukan oleh suaminya sendiri tidak terjadi lagi.
Keyword : Peran keluarga “Dewi Sri”, Memengaruhi Kebijakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:45
Last Modified: 13 Dec 2022 03:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item