Search for collections on Undip Repository

Pola Rekrutmen Politik Calon Anggota Legislatif Perempuan Pemilu 2019 (Studi Pada DPD PDIP Jawa Tengah) /54/PEM/2020

Majid, Irsyad and Fitriyah, Fitriyah (2020) Pola Rekrutmen Politik Calon Anggota Legislatif Perempuan Pemilu 2019 (Studi Pada DPD PDIP Jawa Tengah) /54/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pola rekrutmen politik caleg perempuan PDIP pada DPRD Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana pola rekrutmen caleg perempuan oleh DPD PDIP Jawa Tengah sehingga caleg perempuan dapat lolos dengan kuantitas terbanyak dari partai lain.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara kepada dua anggota perempuan DPRD Provinsi Jawa Tengah, anggota terpilih baru dan petahana, dari PDIP dan satu pengurus DPD PDIP Jawa Tengah, dan sebagai data dukung menggunakan studi dokumen. Analsis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola rekrutmen yang dilakukan oleh DPD PDIP Jawa Tengah pada pemilu 2019 terbuka (untuk kader dan non-kader) pada tahap sertifikasi, prosesnya tersentralisasi dengan memberi peran besar pada DPP, ada pemberian penghargaan kepada kader yang dinilai berjasa kepada partai (melalui pembobotan), dan bersifat netral gender karena bakal calon laki-laki dan perempuan mendapat perlakuan yang sama.
Kesimpulan penelitian ini yaitu pola rekrutmen calon legislatif perempuan dilakukan secara langsung oleh pengurus DPD PDIP Jawa Tengah dengan berlandaskan Peraturan PDIP Nomor 25-A Tahun 2018 tentang Rekrutmen dan Seleksi Calon Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Keputusan akhir juga melibatkan peran DPP Partai. Terdapat hak prioritas bagi pengurus partai dalam pencalonan.
Penelitian ini merekomendasikan PDIP memberlakukan aksi afirmasi dalam pencalonan, namun rekomendasi ini memerlukan dasar penelitian yang lebih banyak, bukan hanya dari penelitian ini yang hasilnya tidak bisa digeneralisasi. Karena keterbatasan studi dalam penelitian ini, untuk penelitian lanjutan disarankan mengangkat kasus rekrutmen caleg perempuan oleh PDIP di daerah lain.

Kata kunci : Pola Rekrutmen, Caleg Perempuan, DPD PDIP Jawa Tengah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:12
Last Modified: 13 Dec 2022 03:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10047

Actions (login required)

View Item View Item