Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENENTUAN LOKASI LAHAN STRATEGIS UNTUK PEMBANGUNAN PERMUKIMAN DAN PERUMAHAN DI SEKITAR BATANG INDUSTRIAL PARK (BIP)

CEYSIA DESTANAYA EKYAN PUTRI, Ceysia and Dr. Yudo Prasetyo, ST, MT, Yudo and Dr. Yasser Wahyuddin, S.T., M.T., M.Sc., Yasser (2022) ANALISIS PENENTUAN LOKASI LAHAN STRATEGIS UNTUK PEMBANGUNAN PERMUKIMAN DAN PERUMAHAN DI SEKITAR BATANG INDUSTRIAL PARK (BIP). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
CEYSIA DESTANAYA EKYAN PUTRI_21110117120010_JUDUL_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Batang sebagai salah satu pusat pengembangan kawasan industri terpadu nasional turut memicu tingginya arus migrasi masuk penduduk. Lokasi Kabupaten Batang yang strategis ini mengakibatkan banyaknya investasi baru yang dibangun, salah satunya adalah Batang Industrial Park (BIP). Hal ini juga adanya daya tarik perkembangan kawasan permukiman dan perumahan baik dari developper maupun swadaya. Menurut Renstra Kabupaten Batang terdapat faktor penghambat pada proses pengembangan wilayah yaitu adanya perubahan alih fungsi lahan yang tidak memperhatikan tata ruang dan tidak memperhatikan daya dukung lingkungan. Penelitian dilakukan berdasarkan masalah tersebut untuk mengidentifikasi dan mengetahui tingkat potensi lahan strategis untuk pengembangan permukiman yang terencana agar tidak menimbulkan permasalahan tata ruang. Sistem Informasi Geografis (SIG) digunakan dalam penelitian ini membantu untuk memecahkan masalah kompleksitas dalam setiap proses pengambilan keputusan spasial. Penelitian ini menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) untuk mengetahui tingkat potensi lahan di Kabupaten Batang khususnya di Desa Batiombo dan Wonosegoro yang terletak disekitar BIP dengan mempertimbangkan nilai scoring (bobot) pada setiap parameternya. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini terdapat tujuh parameter, diantaranya kemiringan lahan, ketersediaan air, kerawanan bencana, aksesibilitas, perubahan lahan, jarak terhadap pusat perdagangan dan fasilitas pelayanan umum, daya dukung tanah, dan kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Hasil scoring yang telah dijalankan kemudian dilakukan analisis tingkat potensi perkembangan permukiman dan perumahan di kawasan tersebut. Hasil kesesuaian dari potensi lahan permukiman dan perumahan dengan klasifikasi sesuai sebesar 165,613 Ha (43,4%), cukup sesuai sebesar 194,197 Ha (50.9%) dan kurang sesuai sebesar 21,760 Ha (5,7%). Hasil dari analisis kesesuaian potensi lahan permukiman dan perumahan terhadap RTRW Kabupaten Batang Tahun 2019-2039 diperoleh sebesar 84,048 Ha (44,4%) yang sesuai dengan RTRW dan 105,422 Ha (55,6%) yang tidak sesuai dengan RTRW Kabupaten Batang. Desa Wonosegoro terdapat wilayah sebesar 47,575 Ha (23,9%) dan Desa Batiombo sebesar 151,812 Ha (76,1%) yang berpotensi untuk dilakukan pengembangan wilayah permukiman dan perumahan dan sesuai dengan RTRW Kabupaten Batang Tahun 2019-2039.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AHP, Batang Industrial Park (BIP), Lahan, Permukiman, SIG
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:52
Last Modified: 12 Dec 2022 02:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10025

Actions (login required)

View Item View Item