Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN JAMU PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Mujahidah, Salisa and Dini, Intan Rahmania Eka and Annisaa, Eva (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN JAMU PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Awal tahun 2020 telah muncul wabah virus menular yang disebut Virus COVID-19, virus tersebut muncul hampir di seluruh dunia. Masyarakat dihimbau untuk lebih menjaga Kesehatan dan kebersihan secara mandiri dimulai dari tingkat keluarga atau rumah tangga. Salah satu upaya untuk pencegahan penyakit oleh virus adalah melalui peningkatan daya tahan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi salah satu obat tradisional yaitu Jamu. Jamu tergolong obat yang banyak dicari dikarenakan harganya yang murah, mudah ditemukan, dan hanya sedikit memiliki efek samping dari pada obat-obatan kimia. Hal ini yang mengakibatkan masyarakat mulai kembali memanfaatkan tanaman obat untuk dikonsumsi secara rutin bahkan pemakaiannya ditingkatkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Meningkat nya antusiasme masyarakat mengkonsumsi jamu disebabkan karena tingkat pengetahuan dan perilaku masyarakat terhadap jamu. Pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku individu dan kemudian berinteraksi dengan faktor-faktor lain seperti latar belakang pendidikan, pendapatan, dan pengalaman menggunakan jamu.

Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan jamu pada Mahasiswa Universitas Diponegoro.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Sejumlah responden akan diminta untuk mengisi sebuah kuesioner dalam bentuk google form yang mengukur hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku responden dalam penggunaan jamu. Data yang dihasilkan dianalisis dengan uji Chi-square menggunakan program SPSS.

Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergolong baik yaitu sebanyak 45%, cukup sebanyak 36%, serta kurang sebanyak 19%. Adapun perilaku mahasiswa yang tergolong baik sebanyak 42%, cukup sebanyak 29%, dan kurang sebanyak 29%. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan terhadap perilaku penggunaan jamu (p=0,000).

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan jamu pada mahasiswa Universitas Diponegoro (p=0,000).

Kata Kunci: Jamu, Pengetahuan, Perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jamu, Pengetahuan, Perilaku
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:05
Last Modified: 12 Dec 2022 07:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10014

Actions (login required)

View Item View Item