Search for collections on Undip Repository

PERSEPSI PEMILIH MUDA KADER HMI UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP KAMPANYE NEGATIF GERAKAN (TAGAR) #2019GantiPresiden DI MEDIA SOSIAL / 43/PEM/2020

Pratama, Dito and Fitriyah, Fitriyah (2020) PERSEPSI PEMILIH MUDA KADER HMI UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP KAMPANYE NEGATIF GERAKAN (TAGAR) #2019GantiPresiden DI MEDIA SOSIAL / 43/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemilih muda telah menjadi kelompok pemilih yang sangat dipertimbangkan oleh para kandidat Pemilu presiden 2019, sebab jumlahnya hampir lebih dari 50% pemilih secara umum. Dalam penelitian ini pemilih muda direpresentasikan oleh kader HMI Universitas Diponegoro penentuan ini didasarkan pada alasan bahwa HMI dinilai sebagai organisasi extra yang tidak terlalu berpihak kepada salah satu calon. Berdasarkan hal tersebut, tim kampanye lawan Jokowi menaikkan suatu gagasan yang dikemas dalam bentuk tagar #2019GantiPresiden di media sosial yang kerap digunakan sebagai wadah kampanye negative. Perlu diketahui kampanye negative berbeda dengan kampanye hitam, kampanye negatif dilakukan dengan menunjukkan kelemahan dan kesalahan pihak lawan politik, maka kampanye hitam adalah menuduh pihak lawan dengan tuduhan palsu atau belum terbukti. Penelitian ini memiliki variable independen terkait tagar #2019GantiPresiden berupa media sosial, HMI dan keluarga yang diuji pengaruhnya terhadap persepsi pemilih muda kader HMI.
Peneliti menggunakan metode kuntitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan secara daring kepada 60 kader HMI Universitas Diponegoro. Data tersebut diolah dengan melakukan pengujian Product Moment dan uji regresi liner berganda serta teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah sosialisasi politik, persepsi politik dan kampanye politik.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah variable yang paling berpengaruh terhadap persepsi kader HMI ialah paparan tagar #2019GantiPresiden di media sosial lalu disusul oleh pengaruh intensistas keluarga dan intensistas rekan sejawat HMI. Meskipun semakin terpapar tagar semakin positif pengaruhnya terhadap persespi, tetapi secara keseluruhan lebih banyak kader HMI yang memiliki persepsi negative terhadap tagar kampanye negative #2019GantiPresiden.
Peneliti menyarankan tidak hanya memakai unsur kampanye negatif seperti menyerang lawan, peneliti menganjurkan untuk menyeimbangkan konten dengan kampanye yang mempromosikan citra baik kandidat dan gagasan yang dinilai akan lebih baik dari pada gagasan lawan.Tagar sendiri pun tidak dapat memengaruhi pemuda HMI secara mandiri, diperlukan intensitas paparan yang tinggi tentang tagar tersebut dari variable lain.

Kata Kunci: Persepsi, Tagar #2019GantiPresiden, HMI, Kampanye Negatif, Media Sosial.
Perceptions of HMI Universitas Diponegoro Cadres as Young Voters to the Negative Campaign Movement (Hashtag) # 2019GantiPresiden on Social Media

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:59
Last Modified: 09 Dec 2022 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item