Search for collections on Undip Repository

PERAN ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN DI KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN POLITIK MASA SIDANG 2019-2020 / 42/PEM/2020

Puspitasari, Dinda Meisy and Adnan, Muhammad (2020) PERAN ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN DI KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN POLITIK MASA SIDANG 2019-2020 / 42/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anggota legislatif perempuan merupakan individu yang memiliki status sosial dalam masyarakat untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam proses pengambilan keputusan penyelesaian masalah yang ada dengan menjalankan hak dan kewajiban sesuai kedudukan dan perannya sebagai wakil rakyat. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Peran Anggota Legislatif Perempuan di Kabupaten Banjarnegara dalam Proses Pengambilan Keputusan Politik Masa Sidang 2019-2020. Seorang anggota legislatif perempuan akan melengkapi dunia perpolitikan di Kabupaten Banjarnegara dengan segala sifat kewanitaannya, karena perempuan biasanya akan lebih peka terhadap isu-isu politik yang berkaitan dengan wanita, seperti kesehatan ibu dan anak, kekerasan dalam rumah tangga, dan lain sebagainya, sehingga mereka dapat menyumbangkan ide dan pemikirannya yang strategis dalam perbaikan nasib rakyat serta mampu mengakomodasi kebutuhan perempuan yang ada di Kabupaten Banjarnegara melalui proses pengambilan keputusan politik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran anggota legislatif perempuan di Kabupaten Banjarnegara dalam proses pengambilan keputusan politik masa sidang 2019-2020?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif-kualitatif, data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumen, observasi, serta beberapa sumber yang relevan seperti jurnal dan berupa teori yang berkaitan dengan penelitian ini. Lokasi penelitian adalah di DPRD Kabupaten Banjarnegara. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah 13 anggota legislatif perempuan, Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara, dan Kepala Bagian Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Banjarnegara.Pada periode 2019-2024 sebagian besar anggota legislatif perempuan menduduki jabatan strategis seperti, Ketua Komisi, Wakil Komisi, Ketua Fraksi, Sekretaris Fraksi, Ketua dan Wakil Ketua Alat Kelengkapan DPRD. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa peran anggota legislatif perempuan di Kabupaten Banjarnegara pada periode 2019-2020 sudah cukup baik, dibuktikan dengan eksistensi mereka disetiap kegiatan dan organisasi baik di kantor maupun diluar kantor. Hal tersebut didukung dengan pencapaian-pencapaian anggota legislatif perempuan dalam pengambilan keputusan untuk menangani permasalahan di Kabupaten Banjarnegara, seperti tercapainya penghapusan LKS bagi anak sekolah, sedang dibahasnya Peraturan Kabupaten Layak Anak, meskipun masih belum mencapai keberhasilan 100% akan tetapi sudah cukup baik dalam pelaksanaanya serta dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Kata kunci : anggota legislatif perempuan, peran, kedudukan, pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:46
Last Modified: 09 Dec 2022 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10007

Actions (login required)

View Item View Item