Search for collections on Undip Repository

SEKALI KAYUH DUA PULAU TERLAMPAUI: KPU DALAM MELEWATI TURBULANSI POLITIK IDENTITAS DAN LONJAKAN PEMILIH MUDA MILENIAL /40/PEM/2020

Fitriyani, Dian and Harsasto, Priyatno (2020) SEKALI KAYUH DUA PULAU TERLAMPAUI: KPU DALAM MELEWATI TURBULANSI POLITIK IDENTITAS DAN LONJAKAN PEMILIH MUDA MILENIAL /40/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (561kB)
[img] Text
BAB II'.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemilu 2019 merupakan Pemilu yang istimewa karena partisipasi yang tinggi yaitu sebesar 81 persen dan diwarnai persaingan yang sangat keras dari dua kandidat presiden dan wakil presiden. Menurut Hasyim Asyari, Komisioner KPU RI 2017/2022 dan beberapa pendapat pengamat kenaikan partisipasi disebabkan oleh faktor keserentakan penyelenggaraan antara Pemilu legislatif dari tingkat lokal hingga nasional dan Pemilu presiden/wakil presiden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori dan sumber data untuk menjawab pertanyaan penyebab peningkatan partisipasi dan peran KPU dalam mendorong Pemilu yang jujur dan adil sekaligus aman.
Berbeda dengan pendapat pengamat, penelitian ini menemukan bahwa kenaikan partisipasi lebih disebabkan oleh strategi fairhose of falsehood, head to head ulangan Jokowi dan Prabowo di tahun 2014, lonjakan pemilih muda milenial, dan peran relawan. Persaingan yang sangat keras menjurus brutal diantara para pendukung kedua kandidat dapat diatasi KPU dengan cara menempatkan diri sebagai lembaga yang nasional, tetap dan mandiri, melakukan sosialisasi yang menyasar seluruh lapisan masyarakat dan gerakan turn back hoaks untuk menangkal hoaksPemilu. Selain itu, KPU dibantu oleh para relawan dari masyarakat untuk mengawal Pemilu sehingga menghasilkan Pemilu yang terlegitimasi.
Kesimpulan yang bisa ditarik dari penelitian ini adalah KPU berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, disamping dapat memanfaatkan momentum untuk peningkatan partisipasi sekaligus mampu meredam konflik diantara peserta Pemilu dan menghasilkan Pemilu yang terpercaya.KPU bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, netral, dan melakukan sosialisasi semaksimal mungkin untuk tetap menjaga marwahnya sebagai penyelenggara Pemilu sehingga demokrasi Indonesia tetap terjaga.
Kata Kunci : Persaingan Ketat, Partisipasi, KPU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:25
Last Modified: 09 Dec 2022 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item