Search for collections on Undip Repository

Perilaku Memilih Pemilih Pemula Putus Sekolah dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Rembang (Studi pada Jenjang Pendidikan SMP) /38/PEM/2020

Maharani, Devi and Martini, Rina (2020) Perilaku Memilih Pemilih Pemula Putus Sekolah dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Rembang (Studi pada Jenjang Pendidikan SMP) /38/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemilih pemula merupakan warga negara yang terdaftar oleh penyelenggara pemilu dalam daftar pemilih, dan baru mengikuti pemilu untuk memberikan suara pertama kali sejak pemilu diselenggarakan di Indonesia dengan rentang usia 17-21 tahun. Pemilih pemula yang baru memasuki usia hak pilihnya ini, belum memiliki jangkauan politik yang luas yang membuat mereka sangat rawan untuk dipengaruhi dan didekati oleh pihak tertentu. Sosialisasi mengenai politik dan pemilu tengah diberikan kepada para calon pemilih pemula terutama yang berada di jenjang pendidikan SMA, hal ini membuat pemilih yang mengalami putus sekolah di jenjang pendidikan sebelumnya tidak sempat mendapatkan sosialisasi tersebut. Oleh karena itu penelitian ini akan menfokuskan untuk mengetahui perilaku memilih pemilih pemula putus sekolah dalam pemilihan umumtahun 2019 di Kabupaten Rembang, khususnya di jenjang pendidikan SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mencapai tujuan penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga pendekatan dalam perilaku pemilih yaitu pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis, dan pendekatan rasional,para informancenderung lebih mengarah ke pendekatan rasional. Mereka memilih kandidat pilihannya dengan memperhatikan kualitas dari kandidat dan berusaha untuk memilih kandidat yang menurut mereka lebih baik dan lebih mampu untuk menjadi seorang pemimpin serta yang memberikan keuntungan baik bagi dirinya maupun bagi negara.
Kata kunci :Pemilihan Umum, Perilaku Pemilih, Pemilih Pemula, Anak Putus Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:03
Last Modified: 09 Dec 2022 07:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item